Rumah Panggung Khas Minahasa - Sulawesi Utara




Rumah Panggung Khas Minahasa ini terletak di Desa Woloan, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi utara, Indonesia.
Tempat yang merupakan pusat pembuatan maupun tempat penjualan rumah panggung khas minahasa terletak di desa Woloan, yang bisa dibeli dan dipindahkan di daerah anda.
Pada permukaan kayu tidak ada ukiran sama sekali. Dekorasi (hiasan) biasanya hanya disilang-silangkan pada papan penutup dinding serta pagar agar agar kelihatan variatif. Berbentuk persegi dan berkaki tinggi, hanya berteras di sisi depan dan samping dengan jendela berbentuk persegi.
Rumah adat ini sangat unik yaitu bisa di bongkar pasang, dan seluruhnya terbuat dari kayu,  tidak dicat dan maupun dipelitur, warnanya akan menjadi tua dengan sendirinya karean pengaruh cuaca dan umur.
Sementara atapnya berbentuk pelana yang berpotongan dengan bentuk limas pada sisi depan dan belakangnya saja. Di perpotongan kedua bentuk tersebut ada lubang ventilasi segitiga. Sepintas bentuk atapnya mirip atap rumah Belanda atau Dutch Hips. Dulunya atap ini terbuat dari lempengan-lempengan papan yang kemudian di bagian atasnya ditutupi dengan rumbia atau daun lontar.
Bahan baku kayu yang digunakan berasal dari kayu pohon cempaka dan meranti. Biasanya, kayu-kayu ini berasal dari Kota Palu, Sulawesi Tengah, dan beberapa daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Tengah.
Rumah panggung Khas Minahasa ini mempunyai beraneka desain. Desain yang paling sederhana adalah rumah dengan dua kamar, dan yang paling kompleks adalah rumah lima kamar. Semakin banyak kamar yang dimiliki, semakin tinggi pula harga jualnya. Keahlian warga Tomohon untuk membuat rumah kayu ini berasal dari para nenek moyang mereka yang mewariskan keahliannya sebagai pengrajin rumah kayu Minahasa yang khas.



Untuk anda yang ingin membeli rumah panggung ini, jangan khawatir tentang membangun kembali rumah ini ditempat anda, karena kontraktor disana akan mengirimkan tukang yang akan membangun kembali rumah panggung tersebut untuk anda.
Untuk mencapai Desa Woloan, Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor kurang lebih 10 menit dari Kota Tomohon.

Share It